7 Cara merawat DVR CCTV agar tidak mudah rusak

DVR CCTV merupakan suatu komponen CCTV yang penting karena DVR atau Digital Video Recorder berfungsi untuk menyimpan semua hasil rekaman dari setiap unit kamera CCTV yang terpasang pada sistem CCTV. Namun bagaimana jika DVR CCTV mengalami kerusakan karena minimnya perawatan ?

 Image

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih DVR untuk CCTV Anda juga sebaiknya mengetahui cara merawat DVR CCTV agar tidak mudah rusak, untuk lebih lengkapnya silahkan simak 7 cara merawat DVR CCTV agar tidak mudah rusak :

1. Tempatkan DVR CCTV dengan benar

Anda sebaiknya meletakan DVR pada ruangan yang luas dan mempunyasi ventilasi yang baik sebagai sirkulasi udara, lebih baik lagi Anda meletakan DVR pada ruangan yang ber- AC agar suhu ruangan selalu dalam keadaan sejuk. Namun bila lokasi penempatan DVR di luar ruangan Anda harus lebih sering membersihkan perangkatnya agar selalu berfungsi dengan baik.

2. Pasang perangkat tambahan DVR CCTV

Untuk menghindari terjadinya kehilangan listrik secara mendadak akibat listrik padam Anda bisa memasang Uninterruptible Power Supply sehingga memungkinkan DVR dapat dimatikan secara manual. Anda bisa cek berkala kondisi batere pada UPS dan tambahkan juga unit stabilizer agar menstabilkan tegangan listrik yang diasup DVR. Sebaiknya DVR Anda terpasang Surge Protection untuk menghindari masalah yang timbul dari lonjakan listrik seperti akibat lonjakan listrik dari petir.

3. Cek bagian dalam DVR CCTV

Periksalah bagian dalam DVR secara berkala sekali atau dua kali dalam setahun untuk membersihkan mainboard dari kotoran dan debu. Bila perlu, gunakan unit kompresor udara untuk membersihkannya. Periksa selalu kondisi konektor-konektor kamera yang terpasang pada DVR apakah benar terpasang atau kurang terpasang.

4. Update firmware terbaru

Anda bisa kunjungi situs vendor CCTV Anda apakah unit DVR yang terpasang mempunyai versi firmware terbaru. Firmware terbaru tentu akan membantu kinerja DVR apabila firmware sebelumnya ada kelemahan, penambahan protokol, penambahan konfigurasi, penambahan fitur, dan sebagainya. Pastikan pula firmware tersebut memang cocok untuk DVR yang terpasang.

5. Optimalkan konfigurasi video CCTV

Periksa ulang konfigurasi kompresi video, , kualitas gambar, resolusi gambar, kerapatan gambar. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memaksimalkan hasil rekaman.

6. Cek jangka waktu hasil rekaman CCTV

Periksa jangka waktu rekaman yang disimpan apabila fitur overwrite aktif. Hal ini untuk menghindari terjadinya kehilangan data rekaman apabila pada jangka waktu tersebut ada suatu kejadian. Silahkan cadangkan jika hasil rekaman masih terpakai atau masih berguna dan siapakan flashdisk, mouse, CD kosong untuk memudahkan pengoperasian saat proses backup data rekaman.

7. Cek pengaturan keamanan DVR CCTV

Pastikan alamat IP DVR tidak diketahui secara umum apabila DVR terhubungkan ke jaringan internet dan bila perlu gunakanlah password pada DVR CCTV. Dan yang terpenting pastikan hanya sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh atas pengoperasian DVR untuk menghindari penggunaan yang tidak semestinya

DVR CCTV Anda akan tetap awet dan tetap dalam kondisi yang baik jika Anda teratur melakukan perawatan berkala pada DVR CCTV. Cukup sekian tips perawatan DVR CCTV ini semoga dapat membantu Anda yang belum mengetahui cara merawat DVR CCTV dengan benar.

Explore posts in the same categories: CCTV

Tag: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: